Search

About Me

YELLOWma Mencoba dan Mencoba.

Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 06 Desember 2012

Experience

Ini adalah postingan asli saya yang kedua, setelah beberapa hari yang lalu postingan saya yang pertama tepatnya pada tanggal 04 Desember 2012, yang berlabel "TEST". Pada kesempatan ini, saya memberinya label "Experience". Mengapa saya memberinya label "Experience" ?
Perlu anda [pembaca] ketahui bahwa experience berasal dari bahasa Inggris yang berarti pengalaman. Kata experience ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita orang Indonesia mulai dari anak - anak bahkan sampai orang dewasa. Dalam hal ini lebih tepatnya mengapa saya memakai label "Experience" pada postingan saya yang kedua ini adalah ; saya ingin bercerita mengenai pengalaman pembuatan template/tema blog ini. Pada awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan hal semacam ini, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman era globalisasi yang cenderung mengarah pada IPTEK [komputerisasi;dunia maya; internet] , oleh karenya saya dituntut memiliki blog/web.

Bagi para pembaca mungkin tidak akan percaya apa bila dalam pembuatan template/tema blog/web ini saya nol pengalaman, hanya bermodalkan kemauan "try and try" [mencoba dan mencoba] dan terus berusaha untuk bisa membuatnya dengan segala macam cara. Dalam pembuatan skrip blog/web di perlukan keahlian khusus salah satunya harus hafal kode ASCII. Apa kode ASCII itu ? mungkin pembaca lebih tahu dari pada saya. Tak apalah saya jelaskan sedikit tentang apa itu kode ASCII yang saya peroleh/kutip dari ; google;wikipedia sebagai berikut :

Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Namun, ASCII disimpan sebagai sandi 8 bit dengan menambakan satu angka 0 sebagai bit significant paling tinggi. Bit tambahan ini sering digunakan untuk uji prioritas. Karakter control pada ASCII dibedakan menjadi 5 kelompok sesuai dengan penggunaan yaitu berturut-turut meliputi logical communication, Device control, Information separator, Code extention, dan physical communication. Code ASCII ini banyak dijumpai pada papan ketik (keyboard) computer atau instrument-instrument digital.
Jumlah kode ASCII adalah 255 kode. Kode ASCII 0..127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks; sedangkan kode ASCII 128..255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik. Kode ASCII sendiri dapat dikelompokkan lagi kedalam beberapa bagian:
  • Kode yang tidak terlihat simbolnya seperti Kode 10(Line Feed), 13(Carriage Return), 8(Tab), 32(Space)
  • Kode yang terlihat simbolnya seperti abjad (A..Z), numerik (0..9), karakter khusus (~!@#$%^&*()_+?:”{})
  • Kode yang tidak ada di keyboard namun dapat ditampilkan. Kode ini umumnya untuk kode-kode grafik.
Dalam pengkodean kode ASCII memanfaatkan 8 bit. Pada saat ini kode ASCII telah tergantikan oleh kode UNICODE (Universal Code). UNICODE dalam pengkodeannya memanfaatkan 16 bit sehingga memungkinkan untuk menyimpan kode-kode lainnya seperti kode bahasa Jepang, Cina, Thailand dan sebagainya.
Pada papan keyboard, aktifkan numlock (tidak terdapat pada laptop), tekan tombol ALT secara bersamaan dengan kode karakter maka akan dihasilkan karakter tertentu. Misalnya: ALT + 44 maka akan muncul karakter koma (,). Mengetahui kode-kode ASCII sangat bermanfaat misalnya untuk membuat karakter-karakter tertentu yang tidak ada di keyboard. [ http://id.wikipedia.org/wiki/ASCII ]
Demikian sekilas tentang kode ASCII yang saya sendiri jujur sama sekali tidak fahan. Tapi tak apa untuk sekedar tahu saja. Dan mari kita kesampingkan dulu kode ASCII, karena pada pengalaman saya dalam pembuatan template/tema blog/web saya ini sama sekali tidak memerlukannya. Mengapa bisa demikian ? Seperti pepatah mengatakan bahwa ; "banyak jalan menuju Roma" . Lebih jelasnya begini ; saya memakai bantuan sebuah aplikasi yaitu "ARTISTEER" .

Artisteer adalah sebuah perangkat pembuatan template/tema blog/web. Artisteer menggabungkan tingkat tinggi otomatisasi untuk membuat template web, termasuk tombol masukan desain, yang secara acak menghasilkan desain template/tema blog/web dan menampilkan preview desain. Kemudian anda dapat menyesuaikan desain dengan menggunakan berbagai pilihan, dan ekspor desain baik sebagai template/tema blog/web di XHTML dan format CSS, atau set file template/tema untuk aplikasi blog / wordpress. Dari beberapa aplikasi yang saya coba "ARTISTEER" lah yang paling mudah dan tidak neko-neko dalam artian simple. Saya katakan simple, hal ini dikarenakan orang awam seperti saya dengan tanpa pengalaman dalam pembuatan template/tema blog/web dalam waktu singkat bisa membuatnya meskipun hasilnya tak sebagus ahlinya. Demikianlah sedikit pengalaman saya dan selamat mencoba.

3 komentar:

  1. Pengalaman yang menarik, lanjutkan dan tingkatkan.

    BalasHapus
  2. ga usah pake kode ascii segala pak bro...selamat sudah berhasil membuat template sendiri :-). keep blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mas bro berkat motivasinya akhirnya saya bisa membuat blog,walau pun masih sangat jauh dari kata sempuna.

      Hapus

Blogroll

Popular Posts

Labels

Blogger news

Follow Me